Tips Mengunjungi Lower Antelope Canyon

Salah satu bucket list dalam graduation trip saya adalah mengunjungi Antelope canyon. Kamu juga punya bucket list ingin mengunjungi canyon yang indah ini? Berikut saya berikan tips dan trik dari pengalaman trip saya ke sana beberapa minggu lalu–sebelum saya lupa 😂 Tips ini adalah untuk orang-orang yang nggak bisa menyetir secara legal di Amerika, karena sebenarnya apabila bisa, I recommend you to just rent a car because it’d make your trip significantly easier.

  1. Reach Las Vegas first. Ada beberapa tur yang menawarkan trip ke Antelope canyon melalui LA, tapi harganya akan jauh lebih mahal. Ada juga beberapa tur yang menawarkan trip ke Antelope Canyon dari Flagstaff, tapi untuk meraih Flagstaff sendiri itu PR banget karena ini kota yang kecil. Tips saya, carilah paket tur di Las Vegas. Selain karena Las Vegas sudah cukup dekat ke Antelope Canyon, kota ini juga dekat dengan LA dan memiliki banyak sekali hotel-hotel yang surprisingly harganya sangat affordable.
  2. Penerbangan dari luar Amerika ke San Francisco (SF) dan Los Angeles  (LA) biasanya akan lebih murah daripada ke Las Vegas. Apabila memang lebih murah ke SF/LA dulu, kamu bisa ke dua kota ini dulu. Selain itu, SF dan LA juga memiliki banyak sekali tempat menarik untuk dieksplor.
  3. Cek wanderu.com untuk tiket bis/kereta yang murah ke Las Vegas. Saya sendiri memutuskan untuk terbang dari SF ke Las Vegas karena mendapatkan tiket pesawat Jetblue murah hanya $35! Untuk bis dari SF ke Las Vegas tidak saya rekomendasikan karena harganya yang biasanya juga $50 one way dan waktu perjalanannya yang lama sekali (16-18 jam). Dari LA ke Las Vegas masih bisa dimaklumi harga dan waktu tempuhnya, yakni sekitar $10 untuk 5-6 jam perjalanan.
  4. Spare 1 hari kosong di Las Vegas untuk istirahat (penginapan di sini SIGNIFICANTLY cheaper dibandingkan dengan penginapan di LA dan SF). Selain itu, kebanyakan one day tour ke Antelope Canyon mulainya di pagi hari buta dari Las Vegas (jam 5AM!), sehingga kalau mau pakai late night flight/night bus rasanya kok capek banget. Kota ini sendiri juga menarik untuk dikunjungi. Saya suka kawasan Fremont street (atau sering disebut old strip) dan The Strip. Rekomendasi saya, pilihlah hotel/hostel/motel di booking.com and the like daripada Airbnb, karena di Las Vegas harga Airbnb-nya malah lebih mahal dan kebanyakan terletak jauh dari pusat kota. Kalau mau coba juga cari deal murah untuk menginap di hotel terkenal. Teman saya mendapatkan harga murah banget sekitar 1 juta per malam untuk 2 orang ketika menginap di suite-nya MGM hotel! Dan ada 4 kamar tidur di dalamnya, dengan akses ke kolam renang dan pemandangan Las Vegas yang indah di malam hari. Saya sendiri mendapatkan hotel murah seharga $40 di daerah Off Strip.
  5. Cara termudah untuk mencapai Antelope Canyon adalah dengan ikut tur. Ada beberapa tur yang menawarkan beberapa opsi, dari one day tour hingga 3 day tour. Karena saya hanya ingin ke Antelope Canyon dan Horseshoe Bend, saya memilih one day tour dengan Globerouter seharga  $127 (sudah termasuk tax, tips ke guide dan tiket masuk Lower Antelope Canyon).
    • Pro: murah, ke lower Antelope Canyon (saya lebih pengen ke sini daripada ke Upper Antelope Canyon), sehari saja, dan ke Horseshoe bend juga.
    • Cons: telat menjemput saya, tur guide-nya kurang oke
    • Apakah saya masih akan memakai ini lagi? Iya
  6. Pipis dulu sebelum masuk ke Antelope canyon-nya. Bawa tissue juga untuk jaga-jaga. Siap-siap kamar mandinya agak jorok dan nggak ada tisunya.
  7. Nggak usah bawa tas ke dalam Antelope canyon, cukup bawa kamera dan uang kecil. Karena jalanan masuk dan keluarnya yang steep, agak rebek dan bahaya kalau bawa banyak barang.
  8. Tur ke dalam Antelope canyon hanya boleh dilakukan apabila ada tour guide dari suku pribumi (Navajo). Kita harus memberi tip ke tur guide Navajo kita juga, dan kami biasanya memberi mereka $3-$5.
  9. Ngobrol dengan tour guide kita karena mereka tahu banyak soal sejarah juga tales di balik bentuk-bentuk menarik Antelope canyon.
  10. Suvenir di Ken’s Tour di dekat pintu keluar Antelope Canyon harganya jauh lebih mahal. Biasanya bis akan berhenti di convenience store dalam perjalanan pulang, dan mereka menjual suvenir yang lebih bagus dengan harga lebih murah
  11. Pesan terakhir saya jika sudah sampai di sana, nikmati waktu tanpa terburu-buru dan terlalu sibuk foto-foto di Antelope Canyon. Ini adalah keindahan dunia yang paling indah yang pernah saya kunjungi. Setiap inci tempat ini seperti lukisan dengan nilai artistik yang sangat tinggi!

 

Advertisements

2 thoughts on “Tips Mengunjungi Lower Antelope Canyon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s