Hold on!

Saya sebenarnya biasa saja dengan karya-karyanya Wong Fu. Bagus sih, tapi bukan yang lalu suka sekali. Tapi ada satu line dari ‘Strangers, again’ yang ngena sekali.

Whether it’s taking each other for granted, or people changing over time… Bottom line is, someone stops trying and feelings aren’t as strong as before.

When someone stops trying, eventually the other one will stop trying too. Hubungan yang hanya salah seorang saja yang berjuang itu bukanlah hubungan yang bijaksana untuk diteruskan. Memang ada para pemberani yang semula masih tidak peduli dengan luka sendiri dan tetap meneruskan apa yang ingin dia teruskan. Tapi mau sampai kapan berusaha sendirian? Klise, tapi memang benar, kamu akan lebih diprioritaskan dari apapun yang membuatnya sibuk apabila kamu memang cukup berharga untuk dia. Artinya apabila yang terjadi adalah sebaliknya, sudah sepatutnya kamu mempertanyakan kesignifikansianmu kepada your significant other. Kamu merasa insecure. Mungkin yours truly, “taking you for granted”, dan mulai terlihat tidak menghargaimu meskipun masih menganggapmu penting. Tapi sudah sifat dasarnya orang untuk menerima penghargaan atas apa yang dia lakukan. Lalu apabila itu tidak diberikan terus-menerus, bisa dipahami apabila kamu kemudian berhenti mencoba juga karena lelah. Sehari, dua hari, seminggu. Kamu masih ingin marah, karena dia mengabaikan saja. Sebulan, dua bulan, dan kamu mulai terbiasa. 

Dan kemudian saat kamu mulai menyadari bahwa kamu tidak lagi tersiksa rindu yang biasanya menyiksamu pelan-pelan, terutama ketika kamu dalam diam. Kamu mulai berpikir bahwa kamu benci fakta bahwa kamu tidak sedang merindukan, dan meskipun kamu tidak lagi kesakitan namun itu sama sekali bukan fakta yang melegakan. Karena kamu sadar, bahwa kamu mulai tidak membutuhkannya seurgen dahulu kala. Bahwa kehadirannya sudah tidak sesignifikan sebelumnya. Dan kamu sebenarnya tidak mau, hendak berontak tanpa ragu, tapi tahu tidak ada hal sesakral perasaan. Kamu tidak mau melawan, lalu membiarkan kalian saling melepaskan.

Jadi, when you feel like letting go, hold on. Just hold on a little longer.

Advertisements

5 thoughts on “Hold on!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s