Transportasi Murah untuk Keliling Jepang

Dalam kondisi tertentu, transportasi termurah di Jepang bukanlah kereta, tapi pesawat! Shinkansen itu harganya mahal sekali, dan kereta normal juga harganya masih mahal. Justru pesawat yang lebih reasonable, harganya sedikit lebih murah namun lebih cepat. Bahkan kalau ada promo, bisa jauh lebih murah. Dulu saya dapat dari Fukuoka (yang daerah selatan) ke Tokyo Cuma 5,500 yen! Udah termasuk pajak sekalian, jadi beneran murah sekali. Lumayan sering promo loh, yaaah jangan harap maskapai seperti Japan Airlines (JAL) dan All Nippon Airways (ANA) yang kasih promo sih, sering-sering saja cek AirAsia, atau Peach Airline kalau ingin berburu tiket promo di Jepang. Dari Kansai Airport (Osaka, Kyoto) ke Okinawa bahkan dulu pernah promo hanya 2000-an yen. Tapi… kalau nggak promo gimana dong?

Sebenarnya ada lagi cara murah, dan bahkan sangat lebih murah. Tapi lama, dan harus mau capek juga. Pakai tiket kereta spesial, namanya 18kippu slash seishun juhachi kippu. Paket tiket murah ini bisa dibeli di stasiun-stasiun kereta di Jepang. Mereka, sayangnya, tidak menjual paket ini setiap hari selama setahun. Dalam setahun hanya ada beberapa periode doang. Seperti ketika winter break selama 10 Desember- 10 Januari (periode beli hanya selama bulan Desember), spring break selama 1 Maret – 10 April (periode beli mulai 20 Februari sampai 31 Maret), dan terakhir summer break selama 20 Juli – 10 September (periode beli dari 1 Juli – 31 Agustus). Harganya supermurah, hanya 11,500 yen. Dengan harga segitu, terserah kita mau makainya ke mana saja around Jepang, selagi itu dalam batasan 5 hari perjalanan. Maksudnya, bukan 5 hari literally 5 hari, tapi hari yang kamu habiskan di dalam keretanya. Sebagai contoh, dulu saya pakai tiket hari pertama untuk perjalanan dari Tokyo-Kyoto tanggal 26 Desember, lalu tiket hari kedua untuk perjalanan Kyoto-Osaka tanggal 29 Desember, tiket hari ketiga untuk perjalanan Osaka-Nara tanggal 31 Desember, dan tiket hari keempat untuk perjalanan Nara-Osaka tanggal 1 Januari. Nah tiket hari terakhir, bahkan saya pakai saat sudah balik di Fukuoka untuk seharian keliling kota (daripada hangus ga kepakai -,-). Jadi, 5 hari itu adalah waktu perjalanan yang dihabiskan di kereta.

11,500 yen itu sekitar 1,2 juta. Dan untuk ukuran Jepang, murah bangeeet. Sebagai perbandingan, harga tiket Shinkansen dari Tokyo ke Kyoto one way saja sudah sekitar 8000 yen (btw kalau mau pakai Shinkansen dan membelinya dari luar Jepang, mending beli paketan saja. 7 hari harga terakhirnya 282 USD dan bisa dipakai all around Japan). Tapi memang beda banget sih kereta yang dipakai untuk 18kippu sama Shinkansen. 18 kippu pakai futsu densya atau kereta biasa, sedang Shinkansen pakai kereta bullet. Pengalaman naik Shinkansen dulu, bahkan berasa keretanya lebih mewah daripada pesawat. Dan laju keretanya beyond fast deh, parno sendiri kalau mendadak keretanya nabrak sesuatu. Sedangkan naik 18kippu, harus berani capek karena perjalanannya akan lama dan kita harus ganti-ganti kereta berkali-kali, juga prepare itinerary kereta sebaik-baiknya. Karena ya itu tadi, kita akan ganti-ganti kereta beberapa kali. Sebagai contoh, perjalanan saya dulu dari Tokyo ke Kyoto memakan waktu 9 JAM (pakai shinkansen 160-an menit doang) dan harus ganti kereta 4 kali. Dulu saya naik ja, 10.42 dari Tokyo Station pakai Tokaido Line dan berhenti di Atami jam 12.30. Selanjutnya di Atami ini ganti kereta, dan pakai Tokaido Line juga menuju Hamamatsu; sampai stasiun Hamamatsu jam 15.33. Ganti lagi deh di sini, masih pakai Tokaido Line, menuju Toyohashi. Sampai Toyohashi jam 16:17, dan dari sini ganti lagi menuju Maibara, sebelum kemudian dari Maibara ganti kereta untuk terakhir kalinya menuju Kyoto. Akhirnya sampai Kyoto jam 19.42. Fiuuuhhhh.

Dan kita sendiri yang harus merencanakan itinerary perjalanannya (ganti kereta di mana, jam berapa naik kereta lagi, track nomer berapa keretanya, etc etc). Tapi jangan khawatir dulu, gampang banget kok ngerencanainnya, bahkan untuk orang yang awam Je-jepang-an. Caranya, minta aja bantuan Hyperdia! Hyperdia ini situs transportasi supercanggih yang dimiliki Jepang. Jadi di sini ya, tinggal masukin aja ‘dari mana’ dan mau ‘ke mana’. Lalu hyperdia yang akan mengatur semuanya. Jangan lupa, apabila dalam rangka itinerary pakai 18kippu ini, di-un-check dulu pilihan kereta seperti ‘shinkansen’ etc. Hanya check pilihan kereta yang ‘ordinary train’, biar resultnya nanti sesuai dengan apa yang kita sebenernya mau cari.

Jadi intinya, 18kippu memang sangat murah, tapi juga sangat MENANTANG. Kalau ketinggalan satu kereta, bisa hangus rencana yang sudah disusun. Tapi lagi-lagi jangan khawatir, selama 7 bulan saya di Jepang NGGAK PERNAH ada kasus kereta telat sampai 5 menit. Bahkan sangat sangat jarang kereta telat hanya semenit. Apabila sampai ketinggalan kereta, biasanya kesalahan ada pada saya sendiri yang lalai.

Selain kereta pakai paket 18kippu dan tiket promo pesawat, jenis transportasi lain yang murah di Jepang ialah bis malam. Murah karena: (1) menghemat pengeluaran hostel, dan (2) emang murah. Hehe. Ceritanya, perjalanan pulang dari Osaka ke Fukuoka dulu kami putuskan untuk nggak memakai 18kippu. Pertama karena kami lagi malas pindah-pindah kereta, kedua karena emang agak rebek pakai 18kippu untuk perjalanan balik ke Fukuoka. Rebeknya ini berbeda dengan kasus pindah-pindah kereta. Apabila kamu ingin beli 18kippu, pastikan kamu tahu hal satu ini. Kayak yang sudah saya bilang tadi, 18kippu pakai futsu densya / ordinary train doang. Kamu nggak bisa naik Shinkansen pakai tiket jenis ini. Masalahnya, futsu densya di Jepang akan berhenti beroperasi jam 12 malam. Dan waktunya nggak cukup bahkan untuk seharian perjalanan dari Osaka ke Fukuoka pakai futsu densya, kami harus berhenti di Hiroshima (karena udah nggak ada kereta lagi), dan baru melanjutkan perjalanan besok paginya. Nah, males dong kayak gini. Saya dan temen satu lagi, akhirnya sepakat buat beli tiket bis saja untuk perjalanan pulang.

Bis memang pilihan alternatif lainnya. Sebenarnya, harga tiket bis sama saja dengan tiket promo pesawat. Cuma, kalau dadakan, ya pasti tiket pesawat mahal dong kakaaak! Ada beberapa alternatif pilihan bis di Jepang. Dulu saya menggunakan Willer Express, dan harga dari Osaka-Fukuoka 5,800 yen atau sekitar 580.000 rupiah. Enak loh ternyata bisnya. Pertama, mereka mengelolanya dengan profesional. Tiket bisa dibeli online dengan mudah, dan dibayar di convenience store terdekat. Mereka punya system scan tiket, yang memudahkan dan mempercepat proses check in.  Di terminal bisnya juga keren, udah kayak kita mau naik pesawat ada check in, boarding, etc etc. Kedua, bisnya luas. Memang nggak secanggih bis-bis di Eropa, tapi tempat duduknya luas dan supirnya ramah. Setiap mau jalan bisnya, pasti dia ngomong ‘tadaima lalalalala’ (which I didnt understand honestly hahaha). Ketiga, tiap dua jam sekali bisnya berhenti di pom bensin selama 15-30 menit. Dan kita bisa pipis, makan, atau sekedar keluar dari bis karena capek. Total perjalanan sekitar 7 jam kalau nggak salah, sebagai perbandingan shinkansen Fukuoka-Osaka dulu kayaknya sekitar 2,5 jam.

Jadi sebenarnya, kalau mempertimbangkan masalah waktu dan biaya, rekomendasi saya adalah menggunakan pesawat promo! Masalahnya, nggak semua orang tahu sejak jauh-jauh hari akan traveling kan, dan nggak semua orang beruntung dapet harga promo. Rekomendasi selanjutnya, adalah 18kippu. Gila ini harganya MURAH banget nggak ketulungan memang, tapi harus berani nanggung resikonya tadi; lama di jalan dan gonta-ganti kereta. Rekomendasi terakhir PAKETAN SHINKANSEN yang 7 hari 280-an USD tadi. Karena sumpah, kalau beli tiket shinkansen one-way-an, harganya nggak masuk akal!

Advertisements

7 thoughts on “Transportasi Murah untuk Keliling Jepang

  1. Hai mba Fela! Aku mau tanya dong. Aku berencana mau ke Fukuoka, tapi tiketnya mahal2, huhu, lebih mahal daripada ke Tokyo maupun ke Osaka. Ada saran ga biar bisa hemat ke Fukuoka? Mungkin terbang dulu ke Tokyo atau daerah lain baru naik transportasi lain gitu ke Fukuoka? Atau malah memang lebih murah untuk langsung terbang ke Fukuoka?

  2. Hai mba Fela! Mau tanya dong. Aku berencana mau ke Fukuoka dari Jakarta, tapi tiketnya mahal2, huhu, lebih mahal daripada ke Tokyo dan Osaka. Ada tips ga biar bisa hemat ke Fukuoka? Mungkin harus terbang ke Tokyo dulu trus naik apa gitu ke Fukuokanya? Atau malahan memang lebih murah langsung terbang ke Fukuoka? Makasiiih.

    1. Hai Bal,

      Bedanya berapaan antara yg ke Fukuoka dan Osaka?

      Tiket domestik Jepang cenderung agak mahal. Meskipun Jetstar kalau promo bisa semurah Tokyo-Fukuoka atau Osaka-Fukuoka ¥5000 atau IDR 600.000.

      Night bus juga ada, harga sekitar IDR 500.000 sekali jalan dari Osaka ke Fukuoka. Coba untuk night bus kamu cari Willer Express, sedangkan pesawat cari2 Jetstar atau Peach airlines.

      Cheers,
      Fela

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s