Kakak

Entah, saya kangen kakak saya sekali saat ini. Saya kirimi dia WhatsApp sejak hampir sejam lalu namun centang dua saja belum. Saya mendadak teringat segala yang memang mengendap dalam-dalam, dan saya yakin tidak akan pernah akan hilang juga terlupakan. Hanya kadang-kadang saja muncul seperti sekarang.

Keluarga kami, adalah keluarga besar. Dengan dua generasi anak. Saya dan kakak generasi 1990-an, sedang tiga adik kami generasi 2000-an. Saya dan si Kakak ini hanya berjarak satu setengah tahun, jadi jangan ditanya kami dekatnya seperti apa. Rasanya seperti patah hati ketika sekarang sadar, semakin kami menua, kami semakin susah bertemu. Entah sudah sejak kapan terakhir kali saya berbicara dengannya. Sepertinya bulan lalu ketika dia menjemput saya di Soetta. Setelahnya, menelponpun kami lupa. Dia selalu sibuk dengan urusannya, dan begitu juga saya.

Tapi saya mendadak kangen juga. Dulu waktu kecil, sesedih apapun dia, dia selalu punya cara untuk tidak lupa juga menghibur saya. Dia selalu melindungi bahkan ketika tidak yakin dia bisa. Di luar dia selalu berusaha bilang, everythings gonna be alright, padahal sekarang saya tahu bahwa dahulupun mungkin dia juga ragu-ragu.

Dia selalu menjadi orang pertama yang saya hubungi ketika saya tidak tahu harus melakukan apa, sejak zaman SD hingga sekarang. Dia yang meneguhkan saya untuk mengambil apa yang saya yakini dan inginkan, meski terkadang oleh kedua orang tua saya pilihan itu pada awalnya diragukan. Dia yang tidak pernah gagal membuat saya bangga.

Kadang saya ingin kembali ke belasan tahun lalu. Dan memiliki waktu tak terbatas untuk bermain dengan dia, main Holmes-holmesan (a.k.a detektif-detektifan), main anak-anakan, atau sekedar ngobrol dan high-five ketika maksudku sama dengan maksudnya (saking seringnya sama-an, kami berasumsi memiliki jaring-jaring otak yang sama). Kadang saya ingin kembali ke belasan tahun lalu untuk sehari-dua hari saja, sebelum dikembalikan lagi ke momen yang sekarang. Ketika waktu menjadi mahal. Dan jarak menjadi soal.

Leave a Reply

