Nama: name, naam, नाम, όνομα.

Mereka bilang, nama adalah doa. Doa kedua Bapak-Ibumu, yang akan terus menempel dari mulai awal mula kamu membuka mata hingga akhirnya dua kelopakmu menutup juga. Saya adalah satu-satunya anak dalam keluargaku, yang dinamai oleh Ibu. Dulu ketika masih sehijau daun yang begitu muda, saya tidak menyukai nama pemberian beliau. Hanya satu kata. Menyulitkan. Saya ingin memiliki nama sepanjang kereta. Dulu begitu. Tapi sekarang, saya justru seperti seorang narcist; saya sangat suka nama saya.

Saya suka karena nama saya terdengar berbeda. Faelasufa. Saya juga suka karena nama saya susah dilafalkan kebanyakan orang. Hampir mayoritas orang yang pertama kali membaca nama saya, salah melafalkannya ketika kemudian memanggil saya. Entah itu menjadi Faelasula, Feasufa, Falasafa, dan lain sebagainya. Kata salah satu teman ‘jenius’ saya, Tomi, kesusahan itu karena jarang ada nama orang Indonesia yang secara langsung mempertemukan alfabet A dengan E. Saya memilih untuk percaya, karena setelah itu kami mencoba mengingat kenalan kami yang namanya mempertemukan kedua vokal itu, dan ternyata memang jarang sekali kami menemukan nama teman yang demikian. Terakhir, saya suka makna nama saya. Kata Diva dalam Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh, nama adalah makna yang ingin kamu gaungkan di dalam bulatan pepat yang kau kenal dengan nama dunia.

kata yang menjadi akar nama saya,

Ayah saya yang seorang lulusan Filsafat bilang apabila beliau dan Ibu berdoa agar kelak saya menjadi orang yang arif bijaksana dan berpengetahuan luas. Pemikiran para filsuf menjadi pencerah, dan sikapnya menjadi panutan karena bijak. Saya cukup mengamini dalam hati, berdoa agar doa mereka nanti akan menjadi kenyataan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s