Pak Yahya Muhaimin

Di antara banyak sekali akademisi Hubungan Internasional UGM yang super-super, saya paling sering dibuat kagum dengan Pak Yahya. Beliau, yang juga mantan menteri pendidikan Indonesia di zamannya Gus Dur, adalah salah satu dosen tetua di HI UGM.

Pertama kali diajar oleh beliau di semester 2 dulu, mata kuliah Sistem Sosial dan Politik Indonesia. Memang sih banyak yang bilang beliau terlalu pelan ketika ngajar dan sebagainya, cuma lebih dari itu, seringkali saya justru kagum dari hal-hal yang berbau non akademis dari Pak Yahya.

Hal-hal sepele dan sederhana, yang bahkan tidak tersurat, dari Pak Yahya sering memberikan pelajaran berharga bagi saya. Makna peribahasa ‘Padi’, yakni semakin berisi semakin merunduk, benar-benar saya temukan secara gamblang dari Pak Yahya. Beliau ini orang yang super duper humble sekali. Maksimal humblenya. Saya suka kalau Pak Yahya mulai memasukkan ‘ilmu-ilmu’ di ceramahnya sebelum kelas berakhir.

Ah Pak Yahya!

 

Leave a Reply

