20.

Saya benci menua, sebenarnya. Tapi ada beberapa hal yang absolut tidak bisa kita ubah, termasuk menjadi tua dalam konteks usia. Meskipun demikian, tetap saja hidup adalah pilihan. Opto, ergo sum. Saya memilih, maka saya ada. Dan di usia yang ke dua puluh ini, saya akan tetap memilih untuk menjadi semuda sebelumnya. Jiwanya. Eh, bukannya 20 masih muda banget ya fel!!

Usia kedua puluh, sedikit membuat saya cemas. Di usia ini (kalau sesuai rencana dan Tuhan menghendaki), maka saya akan memulai karir, belajar S-2 ke luar negeri, menikah, menerbitkan berapa buku yang ‘berat’, membahagiakan keluarga, dan melahirkan anak pertama. Satu dekade ke depan, semoga saya masih bisa merayakan ulang tahun di belahan bumi lainnya bersama mereka yang kuberikan arti dan berarti untuk saya.

Seorang sahabat, dulu sekali pernah bilang, kesuksesan orang bisa dilihat dari hal besar apa yang mereka lakukan sebelum mereka berumur 25 tahun. Sangat subjektif sebenarnya, dan sangat dapat untuk disanggah. Namun somehow, 75% saya setuju. Ada beberapa impian yang dari kecil saya pelihara hingga tanpa sadar mengendap dalam alam bawah sadar. Mereka, setiap hari berteriak. Meminta dan meronta, untuk segera diwujudkan. Tapi saya sadar apabila bermimpi saja sangat tidak cukup. Kalau ingin menjadi peraih mimpi, dibutuhkan kerja yang berkali lipat lebih keras daripada standar normal, doa yang lebih sering diucapkan, dan beberapa faktor-faktor X lainnya.

Saya sangat bersyukur karena Allah telah berbaik hati mewujudkan beberapa impian masa kecil itu. Sangat sangat sangat bersyukur. Terima kasih yahh Allaaah yang baik, terutama untuk hadiahMu seminggu sebelum saya ulang tahun!!!! Saya masih membutuhkan banyak bantuanMu untuk melewati dekade kepala dua yang saya yakin, pasti beratnya minta ampun.

Hari ini, pagi-pagi terbangun karena telpon dari kakak tercinta dari Kanada. Tidak ada lagi cara memulai hari yang lebih indah dibandingkan dengan mendengar suaranya yang cempreng menyanyikan happy birthday to you, dan disusul melihat pesan-pesan ‘selamat ulang tahun’ dari teman-teman.

Sebenarnya saya cenderung orang yang biasa saja memaknai ulang tahun. Ini hanya semacam momentum untuk menjadi refleksi bagi saya untuk meredefinisikan tahun yang lalu. Tapi ini yang ke-20 hehehe. Akhirnya malam tadi makan-makan sama teman-teman HI. Melihat mereka malam ini benar-benar membuat saya terharu. Mereka, yang kebanyakan adalah teman-teman terdekat saya selama di HI, tanpa saya sadari telah banyak berbagi kisah dengan saya. Beberapa dari mereka saya kenal dari pertama kali masuk HI. Literally pertama.

Ada Cempaka (yang dulu anak HI pertama yang salaman sama saya pas ambil jas almamater), Alvin (yang nganterin saya ngumpul pra ospek malem-malem dengan motor pinjeman T_T ), Putri (teman se-SW yang dulu pas puasa kita hampir buber bareng terus), Uwie (orang pertama yang dulu main ke kosan dan nganterin pulang!!!!!!!! ), Tian dan Hefri (kita baru dekat sejak semester kedua daaan mereka itu sweeet banget orangnya!), Lintang yang dulu setim ospek sama saya dan Alvin, juga ada Ferdi yang dulu saya ingat bangeeeet habis kita AAI jalan bareng pulang. Juga dengan Gulam, Bonge, Novan, Ijah, Ayu, dan lainnya! Dengan yang lainnya, saat menulis ini saya baru sadar bahwa sejak awal memang kita sudah dekat.

Terharu, bagaimana waktu telah cepat berlalu tanpa kita sadari. Mungkin sekerjapan mata lagi, ketika saya sadar, saya sudah sangat tua dan mulai renta.

20 Tahun. Dan saya sangat bersyukur dengan hidup yang sekarang, dengan keluarga yang demikian berarti untuk saya, dengan sahabat-sahabat yang begitu unyu, dengan kakak yang layak menjadi kakak terbaik sedunia-jagat-raya, dengan orang-orang di sekeliling saya yang selalu menginspirasi saya untuk semakin menjadi manusia yang bermanfaat untuk lainnya.

Kemudian di detik terakhir menuju pergantian angka di bulan Oktober, saya ingin berterima kasih. Untuk kakak saya yang telah menelpon, Ibu saya yang telah menelpon, teman-teman saya yang telah mendoakan, mereka yang telah memberi kado (salah satunya wedges 15cm coba! dan mereka nagih supaya saya pakai ke kampus. DEMI APA.), dan tentunya untuk Gramedia yang akhirnya akan menerbitkan novel saya 2 minggu lagi.

Saya tidak sabar menunggu satu dekade mendatang. Semoga.. ya, semoga saya dapat membahagiakan keluarga dan orang lain ketika merayakan ulang tahun ke-30. Amin.

Advertisements

7 thoughts on “20.

    1. Mas Budi!!!!!! Kok sejak kemarin2 sih, kan ulang tahunnya hari ini hehehe. Yuk mas ketemuan reunian lagi yuk yuk #dongeng nih dari dulu pengen ketemu ga jadi terus. Nanti kalo udah cetak kukasih tau ya mas. Baca dengan seksama di lembar2an pertama hehehe. Tapi teenlit nih mas. Hasil tulisan pas masih labil SMA dulu. Inget nggak pas kita mau ke Boja ngisi seminar terus berhenti makan di jalan, kan terus aku bilang mau ngirim novel ke gramedia, naaaaah!! itu aku saat ngirimnya. Baru dicetak hari rabu kemarin. Prosesnya nauzubillah ya lama. Coba kamu ga ngenalin aku ke mbak Vera di twitter tempo hari, pasti akan lebih lama lagi. Makanya, TERIMA KASIH šŸ˜€

      1. selalu ada jalan untuk setiap karya. haha… eh, bener dong, kemarin… wong aku ngisi komen ini udah dinihari, tgl 30, Minggu… meski di blog tercatat tgl 29 dan sore. hehe… soal reuni (halah!), kapan pun kau tak sibuk!

    1. Terima kasih ya Rintachos! Sukses nyalon ketua komahinya. Fyi, dulu aku ngiranya kamu lebih tertarik untuk berproses di tempat-tempat kayak Future Mind Foundation, UN atau organisasi-organisasi semacam Oska daripada di Komahi hehe. Amin amin amin ya doanya. Kamu juga semain sukses dalam berkarya dan bercerita. Juga, aku nungguin kamu jadi orang terkenal. Yuk mariii sukses bareng-bareng, AMIN šŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s