StudentsxCEOs Summit

4 Juni 2011 yang lalu, saya berkesempatan mengikuti sebuah summit yang keren di Bandung. Tambah senang lagi, karena ide proyek saya terpilih bersama lima puluh ide lainnya, jadi tidak perlu membayar 200 ribu untuk registration fee. Sebenarnya sih sudah pengen share pengalaman ini sejak kemarin-kemarin, tapi deadline-deadline paper UAS benar-benar mengalihkan duniaku.

Saya memang berniat ikut, sejak pertama tahu info mengenai StudentXCEO ini. Kenapa? Karena sangat pas dengan apa yang sedang saya inginkan. Well, pasca-Future Leaders Summit kemarin saya sadar bahwa passion saya bukan di proyek-proyek sosial. Saya melakukannya karena saya sadar sebagai manusia kita  harus dan wajib berbagi dengan orang lain, bukan karena itu passion saya. Passion saya, ternyata di hal-hal yang berbau ekonomi. Mengapa saya tidak sadar dari dulu dan mulai mengaplikasikannya di kegiatan sehari-hari ya, hehehe. Selama ini saya baru mengaplikasikan ‘ekonomi’ di paper-paper saya di HI. Mayoritas paper saya memang ada hubungannya dengan ekonomi, karena saya suka menulis tentang ekonomi. Rasanya itu senang dan excited saat sedang mencari bahan dan menemukan nama-nama yang familiar seperti Salim, Panigoro, Kartasasmita, Sadikin dan sebagainya.

Balik lagi. Jadi, karena saya mulai sadar passion saya di sana, saya butuh inspirasi. Saya merasa masih gelap. Saya tahu apa yang saya inginkan beberapa dekade ke depan, tapi saya tidak tahu bagaimana jalan menuju ke sana. Apa yang harus saya lakukan agar bisa mewujudkan mimpi saya. Maka dari itu saya memutuskan ikut summit ini, meskipun itu artinya saya harus menempuh perjalanan sekitar 436-an km. Saya butuh inspirasi, because inspiration is a ray of light. Saya tahu, saya akan mendapatkan sesuatu di sana.

Anyway, saya berangkat bareng Ghufron Mustaqim dan Rifky Wicaksono naik kereta. Keduanya teman saya di Forum for Indonesia, kebetulan forum kami ini diundang untuk membuka booth di sana (BANGGA! Yang buka booth di sana dari Apple, Blitz Megaplex sama apa gitu ya saya lupa hehe). Sampai sana dijemput sama Alan di Stasiun, teman kami alumni WorldMun 2011 di Singapura juga yang dari ITB. Lalu siaplah kami mengunjungi summitnya!!!

Ada CEO-CEO keren yang menjadi pembicara di StudentsxCEOs Summit, ada Pak Hirmasyah Thaib (CEO Bakrieland, well.. secara personal dia keren, terlepas dari nama Bakrie tempat di mana beliau bekerja hehe), Pak Ananda Siregar (dia roock banget! yang punya Blitz Megaplex), Kak Leon (Orang keren, mantan mapres FE UI, dan kakak ini keluar dari McKinsey yang gajinya super itu untuk mendirikan microfinance Koperasi Kasih Indonesia) dan CEO-CEO lainnya.

Pak Hirmasyah Thaib ini bercerita banyak sekali. Salah satunya beliau bilang, bahwa leadership seseorang itu bisa dikonstruksi, bisa dilatih dan didisain. Beliau juga menjelaskan moto perusahannya yang sangat sesuai dengan moto beliau, dream, design and deliver. Artinya, bermimpilah. Lalu desain mimpi kamu kayak apa di proses ini. Selanjutnya, wujudkanlah. Setelah Pak Hiramsyah ini ada Pak Ananda Siregar, yang sumpah ternyata cool dan seksi juga gitu. Hehehe. Dia gayanya santai dan slenge’an, tapi pintar. Apa yang beliau ucapkan menusuk langsung ke poin sasaran. Beliau bilang, bahwa seorang pemimpin itu harus bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Juga nggak boleh memperlihatkan kecemasannya, agar bawahannya nggak ikut cemas. Beliau men-studikasuskan teorinya tadi dengan fenomena film asing yang nggak boleh masuk Indonesia belakangan ini. Saat beliau ditanya anak buahnya, beliau ya menjawab dengan yakin bahwa mereka akan baik-baik saja. Padahal sendirinya deg-degan akan nasib perusahaan hehehe. Ada juga Kak Leon. Salut untuk Kak Leon yang benar-benar mau meninggalkan comfort zone-nya untuk kemanusiaan.

Overall, saya memperoleh banyak pelajaran. Salah satu pelajaran yang berharga adalah, bahwa your network is your net worth. Saya sangat setuju dengan kalimat itu. Dan kemarin waktu di Bandung, rasanya orang yang saya temui ya itu-itu juga. Atau kalau nggak, bertemu orang baru, yang ternyata temennya si ini atau si itu. Network sepertinya adalah jawaban, dari pertanyaan saya sebelum ke Bandung kemarin.

Oh ya, ternyata Arifin Panigoro itu dulu mahasiswa ITB. Teknik Elektro, terus mendirikan usaha bidang listrik/lampu begitu di tahun terakhir kuliahnya. Pak Arifin Panigoro ini, kata Ghufron yang diceritain Iqbal (foundernya StudentsxCEOs), dulu berasal dari keluarga menengah. Tapi beliau seorang aktivis yang terus bergerak. Beliau berteman dekat dengan Ical a.k.a Aburizal Bakrie. Hubungan pertemanan ini membuatnya kemudian dekat dengan ayahnya Ical. Jadilah dia bermentor atau berguru dengan Pak Achmad Bakrie. Ceritanya panjang (saya akan menulis cerita tentang Pak Arifin Panigoro di edisi lainnya), yang saya tangkap dari cerita itu adalah…. network dan mentor itu perlu untuk membimbing kita meraih mimpi. Jadi kalau kalian bermimpi menjadi profesor, mulailah membangun network dan mencari tokoh yang bisa menjadi panutan (syukur-syukur saling kenal, terus bersedia menjadi mentor). Juga kalau kalian ingin menjadi pengusaha, artis, penulis, news anchor, musisi, ahhh.. you name it! Rumusan tadi berlaku di semua bidang 🙂

Good luck untuk kita semua ya. Semoga lima puluh tahun lagi, saat kita sudah mulai mengurangi kecepatan kita berlari dan menikmati pemandangan di sekitar kita, kita lega dan berbahagia, karena itulah pemandangan yang dulu selalu kita mimpikan. Untuk itu, maka sekarang saya mau kembali mengerjakan paper MRHI yang akan dikumpulkan besok hehehe. Maaf ya konklusinya random dan garing. Cheers!

Mempresentasikan Inspire USPresentasi Project

with Iqbal, Ghufron and an awesome guy from SxCEOs Summit

Mr. Ananda SiregarMr. Ananda Siregar, the guy behind the famous Blitz Megaplex

Leonardo Kamilius, Microfinance Institution CEOKak Leonardo Kamilius, microfinance institution CEO. He’s definitely inspiring 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s