Insomnia

Sudah satu minggu belakangan, saya insomnia lagi. Selalu tidur di atas jam dua. Lebih seringnya jam 3-setengah empat. Saya katakan lagi, karena memang sudah lama nggak. Hm, sebenarnya saya bisa mengontrol sih mau tidur atau nggak. Jadi masih dikatakan insomnia nggak ya? Cuma saya nggak ngantuk, jadi kalau mau tidur juga susah juga sih. Cumanya lagi, saya bilang ini bisa saya kontrol karena biarpun susah kalau saya paksa nantinya saya bisa tidur juga.

Saya punya pilihan, tapi saya lebih memilih untuk tetap terjaga. Karena kecenderungannya, justru di pagi yang masih muda seperti inilah biasanya list-list yang harus saya selesaikan tercentang. Malam ini saya menyelesaikan compile-an kelompok MRHI, persyaratan untuk ikut kegiatan dan menulis cerita lagi! (yesss, sudah lama sekali saya vakum nulis cerita lagi).  Oh, sekarang TV-nya sudah mati. Setelah lagu tanah air diudarakan beberapa menit yang lalu. Saya jadi kesepian deh. Jadi kangen rumah. Coba kalau di rumah, nggak bisa tidur begini pasti lebih banyak hal yang bisa dilakukan dengan berjalan. Saya jadi ingat waktu kelas dua SMA dulu, masa-masa insomnia akut dalam sejarah hidup hehehe. Dulu saya masih nulis terus. Setiap hari, selalu di depan komputer. Menghabiskan waktu berjam-jam. Dari mulai setelah sekolah hingga malam. Hari Minggu, kalau nggak ada acara, bisa banget lho dari mulai bangun tidur sampai mau tidur di depan komputer. Ah… saya pengen cepat-cepat akhir tahun ini dan lihat novel saya terbit.

Semakin malam, saya semakin tidak ngantuk ini. Teorinya sih, setelah lewat jam dua belas malam itu sudah bukan jam ngantuk lagi. Kenapa? Sederhana saja, karena sudah pagi bukan? Sudah bukan malam, makanya sudah bukan waktu ngantuk. Jadi kalau mau tidur, sebaiknya sebelum jam dua belas. Karena kalau setelahnya jadi nggak ngantuk. Ini teori ngasal berdasarkan pengalaman hidup selama ini sih. Sangat rapuh, dan sangat mungkin tidak terbukti kebenarannya hehehe.

Leave a Reply

