Happy Birthday!

Aku mengenalmu, bahkan sejak aku belajar mengenal diriku sendiri. Kita belajar bersama. Bukan hanya berhitung dan membaca, namun juga belajar tentang esensi dari hidup. Kamu mengajariku untuk tidak takut bermimpi, dan sedari dulu kita memang pemimpi bukan?

Aku tidak tahu sejauh mana artiku untuk kamu, tapi aku tahu, sejauh mana artimu untukku. Kamu tidak perlu mengukur. Penggaris terpanjang pun tidak mampu menjangkau ukuranmu bagiku.

Sekarang kita telah beranjak dewasa. Langkah demi langkah, kaki kita melewati mimpi-mimpi yang dulu kita letakkan. Ah, aku sungguh berterimakasih. Kamu telah membawaku sejauh ini. Susah memang. Juga lelah. Tapi bukankah semakin tinggi kita memanjat, akan semakin indah pemandangan yang akan kita dapat? Begitu bukan?

Belasan warsa yang lalu, aku ingat kita bermimpi untuk bisa menjelajahi dunia. Dan kita telah memulainya. Jiwaku memang berbeda dengan kamu, tapi tujuan kita -aku yakin- sama. Untuk mimpi-mimpimuyang belum terwujud, aku hanya ingin berpesan bahwa Tuhan tahu apa pintamu. Dia hanya menunggu. Karena semua baru akan indah pada waktunya.

21 Maret kemarin, kamu menua. Aku ingin mengucapkan selamat untukmu secara langsung, seperti biasanya. Tapi sayang kita tidak dapat bertemu. Kita sama-sama sedang tidak berada di bumi pertiwi tercinta, bumi yang ingin kita bangun bersama. Aku hanya ingin bilang, kalau kamu membuatku menjadi genap selama ini. Maka dari itu, inginku bisikkan padaNya, ucapan terima kasihku, karena Dia telah memberimu kesempatan untuk lahir di dunia yang tak pernah beristirahat ini. Terima kasihku padaNya, karena Dia telah memberimu kesempatan –sekali lagi untuk yang ke dua puluh satu- tetap bernafas.

Terlepas dari semua kelemahanku,

Terlepas dari semua sikap burukku,

Terlepas dari semua umpatan kasarku,

Terlepas dari semua itu,

Izinkan aku, hanya ‘aku’ dengan ke-aku-anku, untuk berterima kasih dan meminta maaf padamu. Aku minta maaf untuk semua hal yang pernah menyakitimu. Dan terima kasih, telah membuatku menjadi genap.

Selamat ulang tahun untuk kamu. Aku berharap, kamu bisa lebih menjadi manusia yang bermanfaat untuk manusia lainnya. Kamu boleh menua, tapi aku yakin kamu akan selalu muda. Umurmu boleh twenty something sekarang, tapi aku yakin kalau jiwamu masih sesegar dulu.

Sekali lagi, untuk kamu my bestfriend, teacher and sister.. selamat berulang tahun!

2 thoughts on “Happy Birthday!

Leave a Reply

