The Shawshank Redemption

Cast: Tim Robin Andy, Morgan Freeman Red

Sibukan hidupmu atau sibuklah untuk mati.

Guys, pernah membayangkan bagaimana rasanya hidup di penjara? Menurut saya, esensi siksaan dari penjara selain berpisah dengan hal-hal yang kita sayangi adalah tersiksa karena bosan. Yeahh, can you imagine that guys? Kamu terkurung di ruang persegi selama puluhan hari, atau bahkan puluhan tahun.

Bagi narapidana  di penjara, mereka akan melakukan semua hal untuk dapat bertahan. Ya, mereka akan menyibukkan diri mereka sendiri, apapun yang mereka lakukan, mereka tidak peduli. Termasuk di penjara Shawshank.

Andy [Tim Robin] yang berprofesi sebagai bankir terkenal dituduh membunuh istrinya yang sedang selingkuh dengan seorang pegolf pro. Dia yakin dia tidak bersalah, Well, dia ragu. Saat malam istrinya dibunuh, dia memang berada di depan rumah pegolf pro kekasih istrinya itu, dia mabuk di dalam mobilnya dan membawa pistol. Semula dia berencana membunuh istrinya, namun dia tidak bisa. Dia membuang pistolnya dan pergi.

Namun, pagi harinya istrinya ditemukan tewas –dengan selingkuhannya- dan singkatnya Andy yang masih bersikukuh dia tidak membunuh istrinya yang menjadi korban, dia dipenjara seumur hidup di Shawshank.

Di Shawshank Andy berkenalan dengan Red [Morgan Freeman], Red terkenal sebagai penyelundup barang di Shawshank. Barang-barang seperti rokok, poster artis bahkan permen karet sekalipun harus dibayar mahal di dalam penjara. Andy mulai beradaptasi, penjara membuat orang kehilangan harapan. Membuat orang terinstitusi. Membuat orang bermetamorfosa menjadi penjahat. Semula, orang yang masuk penjara akan membenci dinding-dinding yang mengelilingi mereka, namun lama-lama mereka terbiasa, dan mereka akan bergantung pada kehidupan di balik dinding itu. Ya, mereka akan menerimanya.

Kepala penjara –Norton- orang yang picik, dia tau Andy semula adalah bankir. Dan dia memanfaatkan jasa Andy. Dia menjadikan Andy sebagai akuntan. Kesibukan, itu yang Andy cari untuk membunuh waktu, jadi dia menerima dirinya sebagai banker Norton. Saat seorang pemuda bernama Tommy datang dan bercerita pada Andy bahwa dia bertemu dengan seorang bernama Blach di salah satu penjara yang pernah dihuninya, Blach bercerita bahwa dia pernah merampok rumah seorang pegolf pro yang sedang bersama pacarnya yang ternyata adalah istri dari seorang banker dan Blach tidak terlewat oleh hokum dan banker tersebutlah yang masuk penjara oleh perbuatannya. Andy menemui Norton dan meminta siding lagi. Norton tidak mengabulkan karena Andy sudah terlalu tau tentang dirty money yang dia miliki. Sebagai reaksi dari laporan Andy itu, Norton membunuh Tommy. Well, tentu saja dia telah memanipulasi semuanya.

Andy yang sudah tidak tahan lagi dengan sangat jenius bisa keluar dari Shawshank. Dan itu berkat mimpinya. Yup, harapan itu adalah yang terbaik. Anyway, film ini memang layak ditonton!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s