Indonesia, Aku Yakin Kamu Bisa Berubah!

Sudah lima hari ini saya berada di Singapura. Kota ini sudah mulai tidak asing bagi saya. Saya senang melihat jalanan yang rapi, teratur dan bersih. Atau melihat fasilitas MRT yang canggih. Saya juga kagum dengan diversity dan ke-multietnisan Singapura yang sangat mencolok (Well, di sini ada distrik yang namanya etnis banget kayak Little India dan Chinatown). Tapi di sisi lain, saya juga merasa sedih saat itu. Kapan ya, Indonesia bisa seperti ini? Ya, mungkin 20 tahun lagi semua kota di Jawa atau (HOPEFULLY) seluruh Indonesia bisa diakses melalui kereta bawah tanah macam MRT. Tapi ketika itu terlaksana, Singapura sudah seperti apa ya? Amerika sudah seperti apa ya?

Saya membayangkan, kalau kereta bawah tanah lancar beroperasi di Indonesia, mungkin jalanan di Indonesia akan jauh lebih sepi daripada sekarang ini. Mungkin kemacetan di Jakarta dan kota-kota besar lainnya tidak separah sekarang ini. Oh I really hope soo!! Dan yang lebih penting, udara yang kita hirup sehari-hari bisa lebih berkualitas, teman 🙂

Siang tadi, saat saya dan teman-teman lunch di foodcourt-nya Suntec City, ada seorang nenek-nenek yang mengajak kami bicara. Damn, dia tahu Indonesia sekali. Dia tahu soal konglomerasi zaman Soeharto, simbiosis antara penguasa dan pengusaha zaman itu, tentang Sudono Salim, tentang Indonesia dan seharusnya kaya dan sebagainya. Dia juga bilang, masa depan Indonesia ada di tangan generasi mudanya. Well, I couldn’t agree more! Tunggu ya Indonesia, kami segera datang mengangkatmu!

Leave a Reply

